Biografi Frank Miller, Kreator The Dark Knight Returns

Sindu
By -
0

Simak biografi Frank Miller, pria yang berani membuat Batman keluar dari masa pensiunnya!


 Frank Miller bukan nama yang asing lagi di dunia komik. Kreator, penulis sekaligus artist ini mungkin bisa dibilang salah satu jenius yang membawa komik melampaui batas-batas yang ada. Para fans komik akan langsung mengasosiasikan nama Frank Miller dengan The Dark Knights ReturnsDaredevil300 atau Sin City.

Biografi Frank Miller, Kreator The Dark Knight Returns
Biografi Frank Miller

Pria kelahiran 27 Januari 1957 di Maryland, AS ini mulai disorot ketika ia menjadi artist untuk Peter Parker: Spectacular Spider-Man edisi #27 dan #28 pada tahun 1979. Marvel Comics tertarik dengan hasil kerja Miller di Spectacular Spider-Man dan mengangkatnya sebagai penciller untuk serial Daredevil setelah Gene Colan memutuskan untuk berhenti.

Miller pun berhasil mengangkat Daredevil dari komik yang kurang mendapatkan perhatian menjadi komik yang paling banyak dicari oleh para penggemar. Semua itu berkat gaya gambar Frank Miller yang realistis dan berbeda. Ia memberi kedalaman pada setiap tokohnya (juga konflik emosional yang mereka hadapi) dengan penuturan cerita yang belum pernah terlihat sebelumnya dalam komik mainstream. Pada awalnya, ia hanya bertugas sebagai artist, tapi akhirnya Frank Miller juga menulis sekaligus menjadi artist untuk serial Daredevil.

Biografi Frank Miller, Kreator The Dark Knight Returns

Bersama DC Comics, Miller meroketkan karyanya, Ronin serta beberapa kisah Batman yang menurut pendapat banyak penggemar dianggap sebagai salah satu kisah Batman terbaik. Sebut saja seperti The Dark Knight ReturnsBatman: Year One dan The Dark Knights Strikes Again.

Dalam The Dark Knights Returns, Frank Miller menampilkan sudut pandang elseworld di mana Batman memutuskan untuk pensiun setelah kematian Jason Todd. Lalu Batman kembali dari pensiunnya dan mendapatkan Robin baru, seorang remaja perempuan bernama Carrie Kelley. The Dark Knight Returns tidak hanya mengisahkan kembalinya Batman, namun juga menyajikan pertikaian legendaris antara Batman dan Superman yang kemudian menjadi salah satu inspirasi film Batman v Superman: Dawn of Justice (2016). Miniseri ini dilanjutkan Miller dalam komik The Dark Knights Strikes Again pada tahun 2002.

Pada tahun 1991, Frank Miller kembali mengguncang industri komik Amerika ketika ia menerbitkan Sin City (yang saat ini telah dibuat versi filmnya). Karya Frank Miller yang satu ini mengejutkan banyak penggemar dan kritikus dengan cerita detektif bergaya noir dan artwork yang menakjubkan. Bersama Lynn Varlet, istrinya yang juga seorang pelukis, Frank Miller kembali membuat para penggemarnya tercengang dengan 300. Sebuah cerita yang diangkat dari kisah 300 tentara Sparta yang harus menghadapi Persia, dan kenyataan bahwa mereka tidak mungkin bisa menghindari kekalahan.

Tidak hanya di dunia komik saja, Miller juga merambah media lain dengan menulis naskah untuk serial animasi Big Guy and Rusty The Boy Robot serta beberapa naskah film seperti Robocop 2, Robocop 3, Elektra, Sin City dan sebagainya.


Baca juga: 8 Cover Komik DC & Marvel yang Berkesan Bagi Jim Lee



Komik-komik Terbaik Frank Miller


Frank Miller adalah seorang penulis dan penggambar komik yang telah menghasilkan beberapa karya ikonik dalam industri komik. Berikut adalah beberapa komik terbaik yang ditulis atau digambar oleh Frank Miller:

 

1. Batman: The Dark Knight Returns - Sebuah karya yang mengubah paradigma Batman menjadi lebih gelap dan kompleks, menampilkan versi yang sudah tua dari Batman yang kembali ke tugasnya setelah pensiun.

 

2. Batman: Year One - Merupakan cerita asal-usul yang menampilkan awal karier Bruce Wayne sebagai Batman, ditulis oleh Frank Miller dengan gambar oleh David Mazzucchelli.

 

3. Sin City - Serangkaian novel grafis noir yang menggambarkan kisah-kisah kejahatan di Basin City, yang ditulis dan digambar oleh Frank Miller.

 

4. Daredevil: Born Again - Sebuah cerita dalam seri Daredevil di Marvel Comics, di mana Miller menulis kisah tentang kehancuran hidup pribadi Matt Murdock dan bangkitnya kembali sebagai Daredevil.

 

5. 300 - Novel grafis yang menggambarkan Pertempuran Thermopylae antara pasukan Sparta dan Persia, ditulis oleh Frank Miller dengan gambar oleh Lynn Varley.

 

6. Batman: The Dark Knight Strikes Again - Sekuel dari The Dark Knight Returns, yang mengeksplorasi dunia yang lebih futuristik dan kontroversial di mana Batman memimpin pemberontakan terhadap pemerintah AS.

 

7. Ronin - Novel grafis yang menggabungkan elemen-elemen dari budaya Jepang dan kepercayaan samurai dengan cerita ilmiah yang futuristik.

 

8. Elektra: Assassin - Sebuah mini-seri yang mengeksplorasi karakter Elektra Natchios dalam cara yang gelap dan eksperimental, dengan plot yang intens dan gambar yang inovatif.

 

Karya-karya ini menunjukkan keberagaman dalam gaya dan tema yang digarap oleh Frank Miller, yang dikenal dengan pendekatan yang inovatif dan sering kali kontroversial dalam penulisan dan penggambarannya.



Demikian biografi Frank Miller dan sedikit sepak terjangnya dalam industri komik Amerika. Klik Next untuk membaca biografi John Romita Sr.


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!