Cybermedia: Sejarah Internet dari Sisi Teknologi - Modul SKOM4331

Sindu
By -
0

A. SEJARAH INTERNET: DARI SISI TEKNOLOGI

Komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan media baru yang disebut dengan cyber media tidak lepas dari sejarah perkembangan internet. Berikut ini adalah beberapa tahap penting sejarah perkembangan internet.

Materi Cybermedia: Sejarah Internet dari Sisi Teknologi

Pada tahun 1969, saat Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) mengadakan riset tentang cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. 

Program ini dikenal dengan nama ARPANET, hingga akhirnya pada tahun 1970 sudah ada lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Langkah ini sendiri sebagai salah satu bentuk balas dendam Amerika atas kemenangan Rusia dalam membangun sistem teknologi berupa wahana lear angkasa, Sputnik.

Tahun 1972, Amerika berhasil menyempurnakan program e-mail yang langsung menjadi populer, bahkan hingga saat ini menjadi salah satu piranti terpenting dalam internet. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada".

Penemuan e-mail atau electronic mail sendiri saat ini sangat berguna bagi masyarakat karena sifatnya yang cepat dan efisien sebagai pengganti surat pos. Selain cepat, kemampuan e-mail juga melebihi pos dimana e-mail bisa mengirim ratusan lembar dokumen sekaligus. 

Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya fasilitas attachment. Fasilitas ini tak hanya sebatas bisa mengirim data dalam bentuk text, namun juga gambar atau image. Namun demikian, e-mail masih terbatas pada pengiriman gambar dengan size terbatas, yaitu antara 1kb - Imb, bahkan untuk foto dengan size 500 kb atau 0.5 mb e-mail sulit untuk melakukan pengiriman. E-mail juga belum bisa melakukan pengiriman file dalam bentuk video.

Meski demikian, e-mail tentu saja memiliki kekurangan dibanding dengan air mail, di mana e-mail tidak bisa mengirim dokumen asli, meski demikian keberadaan e-mail sangat membantu aktivitas di hampir semua bagian masyarakat.

Kembali pada sejarah internet. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Hari yang penting selanjutnya adalah saat tanggal 26 Maret 1976, Ratu Inggris mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

Tahun 1980 para ilmuwan dari universitas terkemuka, yaitu Purdue University, University of Washington, RAND Corporation dan BBN dengan didukung National Science Foundation (NSF) membangun CSNET (Computer Science Network). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail tanpa harus mengakses ARPANET.

Jaringan komputer semakin luas, untuk mengatur supaya tidak terjadi kekacauan maka perlu dibuat aturan atau protocol. Aturan tersebut diwujudkan dengan Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP muncul tahun 1982 dan berfungsi untuk menyambungkan jaringan antarkomputer yang semakin banyak. Perkembangan selanjutnya, komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih, untuk itu perlu sistem baru untuk mengaturnya. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System.

Pada tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFNET). yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsium-konsorsium riset. NSFNET kemudian mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika hingga pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan. Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia, negara-negara Skandinavia, Inggris, Prancis, Jerman, Kanada dan Jepang segera bergabung ke dalam jaringan ini.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Universitas Oulu, Finlandia menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat.  

IRC adalah suatu program percakapan langsung dengan menggunakan teks, atau yang populer sekarang ini yang disebut dengan chatting. Microsoft Internet Relay Chatting atau disebut juga MIRC merupakan sebuah terminal charting yang dipakai oleh semua pengguna internet pada masanya, dan sampai sekarang pun masih dipakai. Jarko membuat IRC cilent dan IRC untuk mengganti program "talk". IRC adalah multi-user chat system yang berhubungan dengan server di seluruh dunia. Kita kemudian dapat join ke sebuah ruang char atau biasa disebut channel. Itu adalah sebuah ruangan virtual untuk pertemuan para pengguna IRC.

Dengan IRC siapa saja di seluruh dunia bisa berbicara dengan cara mengetik di keyboard secara gratis. Perkembangan IRC ini bisa dibilang menjadi pelengkap e-mail yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan percakapan langsung. Seperti kita ketahui, e-mail sama halnya dengan surat yang dikirim ke sebuah kotak dan untuk membacanya, pemilik e-mail harus membukanya terlebih dahulu. Berbeda dengan IRC yang memungkinkan para user bisa memberikan feedback langsung kepada lawan bicaranya. IRC juga dilengkapi dengan berbagai simbol ekspresi sehingga komunikasi bisa berlangsung lebih menyenangkan.

Internet Relay Chat ini sendiri kemudian disempurnakan pada saat perang gurun (Dessert Storm) di tahun 1991. Saat itu, keluarga dapat berkomunikasi dengan jarak beribu-ribu mill. IRC adalah sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up to date. Perlu juga diingat bahwa Internet Relay Chat ini sendiri gratis karena

tidak dibiayai oleh perusahaan besar, tetapi oleh grup kecil yang di antaranya adalah Sysops (System Operators). Admins (Server Administrator), dan IRCops (IRC Operators). Orang-orang ini tidak dibayar untuk pekerjaan mereka dan akan terus menyediakan lingkungan yang aman pengguna IRC.

Ketenaran MIRC saat ini mulai digeser oleh fasilitas baru yang diciptakan oleh Yahoo.inc, yaitu Yahoo Messenger (YM) yang mulai berfungsi pada tanggal 13 Juli 2006. Yahoo messenger sendiri mulai membuat perangkat ini setelah ia bekerja sama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan NET Messenger milik Microsoft.

Cara kerja Yahoo Messenger sebenarnya mirip dengan IRC namun tetap memiliki perbedaan. Pertama, dari sisi lawan bicara, IRC bisa bicara dengan siapa pun yang ada di dunia tanpa harus mengerti terlebih dahulu e-mail dari 


lawan bicara. Siapa pun yang masuk ke MIRC maka dia akan masuk ke dalam sebuah ruangan maya yang berisi ribuan orang yang siap diajak untuk berbicara. Di sini user tinggal memilih dengan acak ID yang dimiliki user lain untuk bisa berbicara. Berbeda dengan Yahoo Messenger (YM) yang bisa dibilang lawan bicara bisa dikontrol karena mereka yang masuk dalam ruang maya kita hanyalah orang-orang yang mengetahui e-mail kita, atau bisa dibilang orang yang kita kenal, meskipun tetap memungkinkan kita berinteraksi dengan orang yang belum kita kenal.

Cybermedia: Sejarah Internet dari Sisi Teknologi - Modul SKOM4331

Gambar 1.1. Page Yahoo! Messenger (YM)

Gambar 1.1 memperlihatkan bagaimana YM digunakan untuk percakapan. Selain bisa bercakap-cakap, YM juga memiliki kemampuan untuk melampirkan file, baik teks, foto maupun video. Saat ini, selain YM juga ada fasilitas telepon dan webcam. Telepon bisa digunakan untuk berbicara dengan siapa pun yang ada di seluruh dunia dengan tarif telepon lokal, sementara fasilitas webcam memungkinkan para user bisa saling melihat satu sama lain. Untuk webcam tentu saja harus didukung dengan hardware berupa camera yang saat ini sudah menjadi salah satu hardware yang melekat pada laptop.

Perbedaan lain dari IRC dan YM adalah, IRC tidak terhubung dengan e- mail, sementara YM terhubung dengan e-mail. Konsekuensinya, siapa pun yang ingin memiliki YM maka dia harus memiliki account e-mail di yahoo. Meskipun menjadi terlihat lebih simpel IRC, namun terhubungnya YM dengan e-mail memungkinkan adanya fasilitas tambahan yang memudahkan user. Misalnya saja, user YM akan mendapatkan peringatan atau notifikasi jika ada e-mail masuk saat dia online. YM juga memiliki kemampuan memperlihatkan siapa orang yang ada di dalam ruang maya yang sedang online, sehingga user bisa mendeteksi keberadaan lawan bicara. Sementara itu perkembangan yang terbaru, program charting juga dipasang pada jaringan media sosial yang di tahun 2009 booming di Indonesia, yaitu Facebook.

Baca juga: Teori Filsafat Arsitektur

Perkembangan selanjutnya dari internet adalah lahirnya internet browser yang pertama di dunia, yaitu mosaic pada tahun 1993. Program ini diciptakan oleh sekelompok mahasiswa dari University of Illinois yang dipimpin oleh seorang mahasiswa bernama Mard Andreessen. Pengguna internet bisa menikmati keajaiban internet dengan tidak hanya menikmati teks saja, namun juga sudah memasukkan unsur warna dan gambar. Kemunculan mosaic diikuti dengan keberadaan netscape, internet explorer, mozila, dan lain-lain. Pembahasan tentang browser akan dibahas lebih detail di bagian lain Modul I ini.

Perkembangan internet di abad ke-21 ini tidak lepas dari perkembangan jaringan sosial yang dibangun lewat internet. Media ini kemudian dikenal dengan sebutan social media karena kemampuannya menjadi penghubung antarindividu untuk berhubungan satu sama lain. Pembahasan tentang media sosial akan dibahas pada bagian lain Modul ini.

Tag:Bagaimana sejarah perkembangan internet? Bagaimana sejarah perkembangan internet di Indonesia? Apa fungsi internet dalam teknologi perkembangan komunikasi? Internet berasal dari apa?

Demikian pembahasan singkat dari Sejarah Internet dari Sisi Teknologi.

Baca juga: Sejarah Internet dari Perkembangan Media Online

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!