Mengenal 52 Macam Earth (Bumi) dalam DC Multiverse

Sindu
By -
0

Ingin mengetahui 52 macam Earth (Bumi) yang ada di Multiverse DC?


Dunia DC Comics tidak hanya terkenal dengan pahlawan-pahlawan super ikonik seperti Superman, Batman, dan Wonder Woman, tetapi juga dengan alam semesta yang luas dan kompleks yang dikenal sebagai Multiverse. 


Di dalam Multiverse ini, terdapat banyak Earth (Bumi) yang masing-masing memiliki karakteristik dan pahlawan yang berbeda. Konsep Multiverse memungkinkan adanya berbagai versi dari karakter yang kita kenal dan menyajikan cerita-cerita yang unik serta tak terduga.


Artikel ini akan membawa Anda menjelajahi 52 macam Earth yang ada dalam DC Multiverse. Mulai dari Earth-0, yang merupakan realitas utama tempat sebagian besar cerita DC berlangsung, hingga Earth-51, setiap Earth memiliki keunikan dan daya tariknya sendiri. 


Kita akan mengenal berbagai versi pahlawan yang mungkin belum pernah Anda temui, seperti Superman dari Earth-2 yang memiliki perjalanan hidup berbeda, atau Batman dari Earth-43 yang merupakan seorang vampir.


Melalui pengenalan 52 macam Earth ini, Anda akan memahami betapa luas dan kaya imajinasi dunia DC. Setiap Earth memberikan perspektif baru tentang apa yang mungkin terjadi dalam kehidupan para pahlawan super jika keadaan dan peristiwa sedikit berbeda. 


Jadi, siapkan diri Anda untuk memasuki dimensi yang penuh dengan keajaiban, tantangan, dan petualangan tanpa batas. Mari kita mulai penjelajahan kita dalam mengenal 52 macam Earth dalam DC Multiverse.



52 Macam Earth (Bumi) dalam DC Multiverse


Earth-0/New Earth/Prime Earth





Mengenal 52 Macam Earth (Bumi) dalam DC Multiverse



Merupakan dunia utama DC, di Bumi inilah Superman, Batman dan para superhero yang kita kenal tinggal. Bumi ini disebut juga New Earth (pre-New 52) dan atau Prime Earth (New 52).



Earth-1



Mengenal 52 Macam Earth (Bumi) dalam DC Multiverse


Berbeda dengan Earth-0 yang sudah memiliki banyak superhero, di Bumi ini jumlah superhero masih relatif sedikit. Beberapa superhero terkenal seperti Superman, Batman dan Wonder Woman dikisahkan baru meniti karirnya sebagai pahlawan super. Cerita asal-usul mereka pun sedikit banyak berbeda dengan versi Earth-0.


Earth-2



Mengenal 52 Macam Earth (Bumi) dalam DC Multiverse


Steppenwolf dan pasukan Parademons pernah menyerang dunia ini, yang mengakibatkan gugurnya Trinity DC (Superman, Batman dan Wonder Woman). Para superhero yang tersisa seperti Green Lantern, The Flash, Supergirl, Doctor Fate, Huntress dan Red Tornado kemudian membentuk kelompok superhero baru.

Earth-2 juga ditempati oleh Jay Garrick, Alan Scottdan Batman serta Superman yang baru.



Earth-3



penjelasan 52 earth dc


Earth-3 sering disebut sebagai dunia reverse atau kebalikan dari Earth-0. Para manusia super yang di Earth-0 adalah superhero malah menjadi supervillain di Bumi satu ini. Di Bumi ini, kita akan mengenal sosok Ultraman (reverse Superman), Owlman (reverse Batman), Atomica (reverse Batman), Power Ring (reverse Green Lantern), Deathstorm (reverse Firestorm), Jhonny Quick (reverse The Flash), dan Grid (reverse Cyborg). Mereka tergabung dalam kelompok supervillain bernama Crime Syndicate of America yang merupakan kebalikan dari Justice League of America.



Earth-4



penjelasan 52 earth dc



Earth-4 tidak memiliki superhero, namun ada satu karakter berkekuatan super yaitu Allen Adam (Captain Atom). Walaupun sangat kuat, namun Allen Adam tidak menggunakan kemampuannya untuk melakukan berbagai aksi heroik layaknya superhero.


Earth-4 memiliki kelompok penjaga perdamaian bernama Pax Americana yang  beranggotakan Peacemaker, Blue Beetle dan Nightshade.



Earth-5/Thunderworld



earth 5 daftar bumi dc

Dunia yang dihuni oleh Captain Marvel, Captain Marvel Jr, Miss Marvel dan para Letnan Marvel. Mereka melindungi dunia ini menggunakan kekuatan yang diperoleh dari penyihir agung Shazam. Earth-5 juga dikenal dengan nama Thunderworld.



Earth-6/Stan Lee-verse

earth 6 daftar bumi dc



Earth-6 dijuluki para fans DC sebagai Stan lee-verse. Ya, karena dunia ini diciptakan langsung oleh Stan Lee Martin Lieber sang legenda hidup Marvel Comics. Dalam dunia ini, Superman adalah polisi kosmik yang diusir dari planet Krypton, Batman adalah pegulat yang sekaligus membasmi kejahatan, Green Lantern mendapatkan kekuatan dari Yggdrasil dan sebagainya. Earth-6 adalah salah satu universe sakral karena konsep universe-nya belum pernah dirubah sampai saat ini, masih original karya Stan Lee.



Earth-7



earth 7 daftar bumi dc


Para superhero yang hidup di dunia ini merupakan parodi dari superhero Marvel. Contohnya adalah Crusader yang mirip Captain America, Doc Future yang mirip Mr. Fantastic, Devilist yang mirip Hellboy, Thundered yang mirip Thor, Microbot yang mirip Antman dan sebagainya. Sayangnya, Earth-7 sudah hancur dalam komik ‘Multiversity #1: Cosmic Neighborhood Watch’.


Earth-8




earth 8 daftar bumi dc


Sama seperti Earth-7, dunia satu ini juga merupakan parodi dari Marvel Universe. Superhero yang eksis di Earth-8 di antaranya adalah neo-human G-Men (parodi X-Men), The Incredible Future Family (parodi Fantastic Four), Battlin’ Bug (parodi Spider-Man), American Crusader (parodi Captain America), Machine Head (parodi Iron Man) dan banyak lagi lainnya. Earth-8 juga memiliki kelompok superhero bernama The Mighty Retaliators (parodi The Avengers). Tambah lagi, para superhero di Earth-8 sering berkonflik satu sama lain (parodi Civil War).


Earth-9



earth 9 daftar bumi dc


Asal-usul para superhero di Earth-9 sangat berbeda dengan para superhero Earth-0. Mulai dari Batman yang merupakan roh berbaju besi, The Flash yang dilahirkan di ruang angkasa, Superman yang tidak hanya kuat namun juga sangat cerdas sampai Green Lantern yang bisa menghidupkan kembali orang mati.



Earth-10/Earth-X



earth 10 x daftar bumi dc


Dalam universe DC ini, diceritakan bahwa roket yang membawa bayi Kal-L tidak mendarat di Kansas, namun ditanah yang dikuasai Nazi. Bayi Superman pun dirawat oleh Adolf Hitler dan ia tumbuh menjadi senjata mematikan milik Nazi. Bukan hanya Superman, para superhero inti DC juga menjadi pasukan Nazi. DC Earth-10 lebih sering disebut dengan nama Earth-X.



Earth-11


earth 11 daftar bumi dc

Earth-11 dikuasai oleh para superhero wanita dan berada dalam lindungan kelompok Justice Guild. Justice Guild beranggotakan Aquawoman, Superwoman, Batwoman, Jesse Quick, Star Sapphire, Zatara, Power Man dan Wonderous Man.


Earth-12


earth 12 daftar bumi dc


Ingin melihat versi masa depan dari Earth-0? Kamu bisa membacanya dalam komik Earth-12. Dalam dunia ini, superhero yang kita kenal sudah tua dan perjuangan mereka diteruskan oleh para generasi penerusnya seperti Terry McGinnis (Batman Beyond), Green Lantern, Warhawk, Aquagirl dan Big Barda. Para superhero tersebut tergabung dalam kelompok Justice League Beyond.



Earth-13





earth 13 daftar bumi dc


Seperti angkanya., Earth-13 adalah Bumi DC yang dipenuhi hal-hal mistis. Dunia yang setiap harinya hanya 13 jam ini dihuni oleh Ertigan (Superdemon), Hellblazer, Annataz, Witchboy, Fate, Ragman, Swamp-Man, Enchantress dan Deadman. Mereka tergabung dalam kelompok bernama League of Shadows.



Earth-14


konsep multivers dc adalah

Bumi yang baru-baru ini penduduknya terungkap, sebelumnya Earth-14 termasuk 7 Bumi DC yang belum diketahui. Dalam dunia ini, kita akan bertemu dengan kelompok bernama Justice League of Assasins yang beranggotakan Superman, Batman, Wonder Woman, The Flash, Harley Quinn dan Aquaman. Di antara mereka hanya Superman lah yang mempunyai kekuatan super, anggota lainnya hanya menggunakan armor bersenjata khusus.



Earth-15

earth 15 dc adalah


Dunia ini telah hancur akibat amukan Superboy Prime. Satu-satunya benda yang tersisa dari Earth-15 adalah Cosmic Grail yang diyakini menyimpan kekuatan maha dahsyat.



Earth-16/Earth-Me




earth 16 dc adalah


Bumi ini dihuni oleh para penerus superhero DC, di mana mereka tidak lagi mempunyai musuh karena para superhero generasi pertama telah berhasil memberantas kejahatan di Earth-16. Para superhero penerus itu adalah Damian Wayne (keturunan Batman), Alexis Luthor (keturunan Lex Luthor), Chris Kent (keturunan Superman),  Arrowette (keturunan Green Arrow) dan masih banyak lainnya. Superhero di Earth-16 diperlakukan layaknya seorang selebriti.



Earth-17


earth dc terkeren terbaik terpopuler terunik


Dihuni oleh kelompok superhero bernama Atomic Knights of Justice yang beranggotakan Captain Adam Strange, Batman, Wonder Woman, Green Lantern, Flash, Martian Manhunter, Cyborg, Green Arrow dan the Challengers of the Unknown.


Earth-18



earth dc terkeren terbaik terpopuler terunik

Merupakan Bumi yang tertinggal secara teknologi dan dihuni oleh kelompok Justice Riders. Para superhero di dunia ini adalah Superchief, Bat-Lash, Madame, El Diablo, Johnny Thunder, Tomahawkman, Pow-Wow Smith dan banyak lainnya. Mereka hidup di abad ke-19.



Earth-19



daftar semua 52 Macam Earth (Bumi) dalam DC Multiverse

Dunia ini sangat kental dengan nuansa steam punk karena perkembangan teknologi bertenaga listrik berjalan dengan cepat. Earth-19 adalah rumah bagi superhero seperti Batman, Accelerated Man, Wonder Woman dan The Shrinking Man.


Earth-20


jenis bumi dc belum diketahui


Bumi yang bernuansa tahun 1940an walaupun latar belakangnya di tahun 2014. Setiap 100.000 tahun sekali, Earth-20 dan Earth-40 DC akan menempati ruang yang sama. Kelompok superhero populer di Bumi ini adalah Society of Superheroes yang beranggotakan Doc Fate, Immortal Man, Green Lantern (Abin Sur), Lady Blackhawk dan The Atom (Al Pratt).


Earth-21


dc earth 21 multiversity

Superhero di Earth-21 terasa begitu klasik, seperti para superhero yang lahir di era Golden Age, atau yang eksis di era Siver Age DC. Cerita tentang Earth-21 bisa kamu baca di komik DC: The New Frontier.


Earth-22

kingom come adalah komik dc


Jika kamu tahu komik Kingdom Come karya Mark Waid dan Alex Ross, maka kamu sudah mengenal para superhero di Earth-22. Di Bumi ini, Superman dan para superhero lainnya telah menjadi tua dan kebanyakan telah pensiun. Para generasi penerus superhero semakin membludak, sayangnya banyak dari mereka yang tidak terlalu memperdulikan konsekuensi atas aksinya

Klik Next untuk membaca profil singkat dari DC Earth 23-Earth 51.


Next > Mengenal 52 Earth DC (2)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!