Daftar Tempat Wisata Banjarnegara Paling Indah, Murah dan Dijamin Seru

Sindu
By -
0


Rekomendasi tempat wisata Banjarnegara yang paling indah!




Bebaca Wisata - Anda sedang berada di Kabupaten Banjarnegara dan ingin berkeliling ke tempat wisatanya? Kalau iya, berarti anda patut senang karena kota ini memiliki banyak tempat wisata murah dengan pemandangan alam yang indah dan keren. Pastinya, dijamin seru dan cocok digunakan untuk mengisi waktu liburan keluarga.



Berikut merupakan daftar lengkap tempat wisata di Banjarnegara yang paling populer, indah dan tidak terlalu menguras dompet!








Daftar Tempat Wisata Banjarnegara Terbaik 







#1 – Sikunir Sunrise Dieng Banjarnegara





Daftar Tempat Wisata Banjarnegara Terbaik



Alamat: Sembungan, Kejajar, Wonosobo Regency, Central Java 56354



Kenapa bukit Sikunir menjadi salah satu obyek wisata yang wajib anda kunjungi di Dieng Plateau? salah satunya adalah karena penampakan sunrise dari bukit sikunir ini merupakan salah satu spot terbaik di dunia untuk melihat matahari terbit.



Selain itu, Bukit sikunir yang relatif mudah didaki adalah alternatif yang tepat bagi mereka yang ingin melihat penampakan sunrise dari puncak tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak tenaga dan waktu untuk mendaki gunung-gunung tinggi.



Bagi yang belum pernah naik bukit Sikunir sebelumnya, ada baiknya saat pendakian ditemani oleh Guide lokal mengingat jalur pendakian yang terjal dengan jurang pada sisinya. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah baju hangat serta lampu senter atau alat penerangan lain untuk menerangi jalan saat mendaki.





Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit Sikunir sebenarnya bisa kapan saja, Karena hampir setiap saat Sikunir punya kejutan pemandangan indah yang berbeda-beda tiap waktunya.



Yang pasti jika anda ingin melihat Sunrise di Bukit Sikunir yang biasa dijuluki Golden Sunrise Sikunir tanpa terhalang kabut atau cuaca buruk cobalah datang pada musim kemarau antara bulan juli hingga oktober. pada bulan tersebut langit cenderung cerah tanpa mendung dan kabut.



Namun sekali lagi, sikunir selalu punya kejutan. kadang justru saat awan tebal menyelimuti lanskap Dieng Pemandangan Sikunir justru tampak sangat menakjubkan ketika Cahaya keemasan matahari terbit mengintip dan menyemburat bergradasi dengan putih awan seperti kapas. sumber: wisata dieng. Jika kamu berwisata ke Banjarnegara, jangan pernah lupakan untuk mengunjungi tempat keren satu ini ya!






#2 – Telaga Warna Dieng





tempat wisata murah banjarnegara



Alamat: Dieng, Kejajar, Wonosobo Regency, Central Java 56354



Masih di kawasan Dieng, ada juga Telaga Warna yang tidak kalah keren. Salah satu tempat Wisata di Banjarnegara ini memang mempesona. Telaga yang memiliki keunikan berupa warna permukaan yang berubah-ubah ini dikelilingi oleh Hutan dan bukit yang masih asri, udara yang segar, serta Pemandangan Khas pegunungan yang membuat siapa saja betah berlama-lama menjelajahi obyek wisata di Dieng yang satu ini.



Telaga ini juga memiliki keunikan tersendiri yaitu warna permukaan telaganya yang kadang berubah sewaktu-waktu dengan dominasi warna hijau kebiruan serta putih yang merupakan refleksi endapan belerang didalamnya.



Selain keindahan Telaganya yang natural dan eksotis, saat berkeliling menyusuri jalan setapak yang mengelilingi Telaga warna, anda juga akan menjumpai Telaga lain yang letaknya tepat di Samping Telaga warna, yaitu Telaga Pengilon. Goa-goa alam yang diselimuti aroma mistis juga bisa anda ditemui di sekeliling Telaga Warna seperti Goa Semar, Goa Sumur, Goa Jaran dan lain-lain.



Telaga-telaga lainnya yang bisa ditemui di sekitaran Dieng Diantaranya Telaga Cebong, Telaga Merdada dan Telaga Menjer. Setiap telaga memiliki keunikan dan daya tarik yang berbeda antara satu dengan lainnya.






#3 – Komplek Candi Hindu Dieng





tempat wisata alam banjarnegara



Alamat: Bakal, Batur, Banjarnegara, Central Java



Dataran Tinggi Dieng memang banyak terdapat peninggalan sejarah Hindu Syiwa berupa bangunan Candi. Bangunan dari batu yang telah berusia ratusan tahun ini menjadi saksi bisu peradaban yang pernah berkembang di Dieng Plateau.



Dulu kala, candi-candi di Dieng sempat tenggelam dan terkubur dalam rawa-rawa. Hingga kemudian pada tahun 1814 ditemukan kembali oleh seorang tentara inggris yang tengah berlibur.



Namun baru dilakukan upaya pengeringan rawa dan pembersihan candi mulai tahun 1956 yang kemudian dilanjutkan kembali pada tahun 1864 oleh pemerintah Hindia Belanda.



Hingga kini penelitian mengenai candi-candi di Dieng terus dilakukan. Meski begitu, belum ditemukan catatan-catatan atau informasi tertulis mengenai sejarah Candi Dieng kecuali sebuah prasasti dengan angka tahun 808 Masehi, yang merupakan prasasti tertua bertuliskan huruf Jawa kuno. Dari prasasi tersebut, Para ahli memperkirakan bahwa kumpulan candi ini dibangun atas perintah raja-raja dari Wangsa Sanjaya.






#4 – Kawah Sikidang dan Kawah Candradimuka





Daftar Tempat Wisata Banjarnegara Paling Indah, Murah dan Dijamin Seru



Alamat: Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Central Java 53456



Pegunungan Dieng merupakan kawasan vulkanik yang masih aktif hingga sekarang. Tidak heran jika banyak ditemukan kawah-kawah yang diantaranya masih menunjukan aktivitasnya seperti salah satu diantaranya Kawah SiKidang, Kawah Sileri dan Kawah Candradimuka.



Jika anda berkunjung ke telaga warna, Lewat Jalur setapak ke jalur kiri, anda juga akan menemukan sisa-sisa aktifitas kawah sikidang yang meski sudah tidak menunjukan gelegaknya namun tanda-tandanya masih terlihat pada permukaan kawah yang didominasi endapan belerang, serta buih-buih air yang merembes lewat rekahan-rekahan tanahnya jika disentuh masih terasa hangat.



Aktivitas Vulkanik yang masih terlihat jelas bisa anda temukan di Kawah Sikidang. Berbeda dengan kondisi hamparan tanah di Dataran tinggi Dieng yang cenderung subur dipenuhi hijau rerumputan, ilalang atau ladang pertanian - Memasuki areal kawah sikidang anda akan disuguhi pemandangan tidak biasa dimana tanah dan perbukitan didominasi warna putih endapan sulfur.



Dari Parkiran Kawah Sikidang, jika anda berjalan menuruni tebing landai menuju areal perbukitan disebelah barat, akan terlihat Kolam-kolam kawah dengan lumpur mendidih meloncat-loncat dipagari bambu yang merupakan Obyek Wisata utama di Kawasan Kawah Sikidang ini.






#5 – Curug Pitu di Kabupaten Banjarnegara





wisata alam banjarnegara



Alamat: Kemiri, Sigaluh, Kemiri, Banjaranegara, Banjarnegara, Jawa Tengah 53481



Daftar tempat wisata Banjarnegara berikutnya ditempati oleh Curug Pitu atau Air Terjun Curug 7, merupakan salah satu alternatif pilihan yang bisa Anda kunjungi untuk wisata bersama keluarga di daerah Banjarnegara Jawa Tengah.



Menikmati liburan bersama keluarga merupakan momen yang sangat dinantikan. Siapa yang tak menginginkan liburan bersama dengan keluarga tercinta? Tentu saja ini menjadi harapan setiap orang untuk bisa menikmati momen liburan bersama dengan orang tercinta.



Penting rasanya bagi Anda untuk menyusun agenda liburan bersama dengan keluarga tercinta. Bagi Anda yang suka dengan panorama alam, Curug Pitu adalah tempat yang recommended banget untuk dikunjungi. Di sini Anda dan keluarga akan menemukan kenyamanan dalam berwisata. Dijamin wisata Anda akan menghadirkan momen yang membahagiakan.






#6 – Kebun Binatang Seruling Mas





rekomendasi tempat wisata banjarnegara



Alamat: Kutabanjarnegara, Banjarnegara Sub-District, Banjarnegara, Central Java 53418



Daftar tempat wisata di Banjarnegara yang recommended dan wajib dikunjungi berikutnya adalah Kebun Binatang Seruling Mas. Saat Anda masuk ke areal wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas, Anda akan merasakan suasana sejuk dan nyaman. Pohon-pohon rindang banyak terdapat di lokasi wisata ini, memanjakan pengunjung yang ingin jalan-jalan sambil menikmati suasana area wisata.



Wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas menarik untuk dikunjungi, karena pengelola memadukan beberapa objek wisata dalam satu lokasi. Anda tidak hanya bisa melihat beragam koleksi binatang, kolam renang dengan fasilitas waterboom tersedia. Wahana permainan juga dibuat untuk memanjakan pengunjung anak-anak. Pada hari tertentu biasanya digelar hiburan rakyat seperti musik dangdut atau campur sari, dipanggung terbuka yang disediakan secara khusus.



Keterpaduan yang harmonis antara Flora dan Fauna yang terdapat di TRMS Serulingmas, menjadikannya sebagai tempat yang sejuk dan nyaman untuk rekreasi keluarga. Taman Rekreasi dan Marga Satwa Serulingmas memiliki potensi dengan kondisinya pada saat ini. Taman Rekreasi dan Marga Satwa Serulingmas memiliki berbagai jenis tanaman.






Baca juga: Mengunjungi Serulingmas Banjarnegara - Info Rute, Harga Tiket dan Obyek Wisata







#7 – Waduk Bendungan Panglima Besar Jenderal Soedirman





Daftar Tempat Wisata murah Banjarnegara Paling Indah, Murah dan Dijamin Seru



Alamat: Karangjambe, Banjarnegara, Central Java 53461



Tidak kalah keren dari tempat wisata Banjarnegara sebelumnya, ada juga Waduk Bendungan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang bisa kamu kunjungi. Waduk Panglima Besar Soedirman atau Waduk Mrica terletak di kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa tengah. Waduk ini difungsikan sebagai PLTA.



Wisata Bendungan Panglima Besar Jendral Soedirman di Banjarnegara adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.



Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Bendungan Panglima Besar Jendral Sudirman juga memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.



Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Banjarnegara tapi tidak mengunjungi wisata Bendungan Panglima Besar Jendral Soedirman ini.






#8 – Surya Yudha Park





Daftar Tempat Wisata Banjarnegara Paling Indah, Murah dan Dijamin Seru



Alamat: Jl. Raya Rejasa KM. 1, Rejasa, Madukara, Rejasa, Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah 53482



Satu lagi nih tempat wisata terbaik di Banjarnegara yang keren abis dan wajib untuk dikunjungi, yaitu Surya Yudha Park. Surya Yudha Park merupakan kawasan wisata terpadu karena di dalamnya terdapat waterpark, sport center, dan hotel dalam satu lokasi.



Objek wisata  ini berdiri di atas lahan seluas 2 (dua) hektar, dan letaknya cukup strategis karena sekat dengan alun-alun.



Waterpark di Surya Yudha Park memiliki tujuh kolam renang dengan tujuh tingkat kedalaman dan ukuran yang berbeda. Yaitu kolam ombak tsunami, kolam renang prestasi, kolam anak-anak, dan kolam logoon dengan berbagai ukuran dan ketinggian waterboom.



Kedalamannya mulai dari 10 cm, 20 cm, 40 cm, 80 cm, dan 150 cm. Di kolam ombak tsunami juga terdapat kolam terapi ikan yang biasanya digunakan sebagai tempat terapi kesehatan kaki.



Tempat Wisata Banjarnegara terbaik ini juga terdapat replika patung Liberty yang ada di New York dan replika Patung Merlion yang ada di Singapura.



Jadi, bagi Anda yang tidak ingin berenang maupun hanya menemani keluarga yang berenang, Anda dapat memenfaatkan waktu untuk berfoto-foto di sini. Juga untuk Anda yang sangat menyukai olahraga, Anda dapat berolahraga di sini yaitu di sport center yang sudah disediakan. Anda dapat bermain bola volly, futsal, billiard, tenis meja, badminton, golf, dan masih banyak lagi.



Tidak ketinggalan bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrim seperti outbond, flying fox, dan rafting, di sini juga tersedia. Untuk rafting dilakukan dengan menyusuri sungai serayu yang panjangnya kurang lebih sekitar 10 kilometer. Sangat rugi apabila kamu melewatkan begitu saja mengunjungi Surya Yudha Park ketika berada di Banjarnegara.






#9 – Wisata Alam Serayu Park Banjarnegara





serayu park banjarnegara



Alamat: Jl. Selomanik, Seruling Mas, Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418



Selain menyajikan berbagai panorama alam yang dikembangkan menjadi obyek pariwisata, Banjarnegara kini tampil dengan pilihan baru wisata buatan (artificial object) bertakjuk “Serayu Park”.



Berlokasikan di jalan Selamanik, 350 meter dari komplek wisata Seruan Eling Banyumas (Serulingmas) sebagai taman rekreasi satwa, Serayu Park menyediakan berbagai fasilitas tambahan dan lengkap untuk pengunjung seperti Omah Alam Resort, Bumbu Alam Resto & Coffee Bar, Waterboom dan Family Karaoke yang dibangun dalam 1 area.



Didesain dengan konsep megah, unik dan inspiratif, Serayu Park hadir ditengah masyarakat Banjarnegara dan Banyumas pada Mei 2012.



Menampilkan ornamen alam yang menjadi kesatuan dengan lokasi sekitar wisata yakni sungai Serayu seakan menjadi ikon bagi Serayu Park dalam mengoptimalkan promo pemasaran. Menempati lahan seluas 1 hektar di kawasan Perum Prima Mandiri ini juga dirasa cukup strategis dan mudah dalam masalah akses menuju lokasi. Ada 2 jalur yang dapat dilalui, yang pertama dari jalan Gotong Royong, barat RSUD Banjarnegara dan simpang empat jalan semampir, arah utara.






#10 – Waduk Mrica 





tempat wisata di banjarnegara lengkap



Alamat: Banjarnegara, Jawa Tengah



Waduk Mrica di Banjarnegara adalah sebutan populer bagi Bendungan PLTA Panglima Besar Sudirman yang ada di Kabupaten Banjarnegara.



Tempat Wisata murah di Banjarnegara ini dibuat dengan membendung Kali Serayu, mengubur 32 desa subur di 7 kecamatan, termasuk siphon cantik peninggalan Belanda yang menjadi bagian ingatan masa kecil saya.



Gunung Tampomas di Desa Masaran yang kisah legendanya juga menjadi hiburan pelupa lelah ketika mengiringi mendiang bapak berjalan kak dari stasiun kereta api terdekat ke Desa Masaran di akhir tahun 60-an juga dihancurkan, diambil batunya untuk pembangunan waduk ini.



Hilangnya siphon baru saya ketahui ketika berkunjung ke Waduk Mrica beberapa waktu lalu, dari informasi penduduk setempat. Sedangkan nasib Gunung Tampomas baru saya ketahui beberapa saat sebelumnya ketika berkunjung ke Desa Masaran untuk melakukan ziarah ke Makam Eyang Hoedawikarta sambil menghidupkan kenangan tentang Kali Siluman.






#11 – Wisata Murah Gunung Tampomas Banjarnegara






wisata alam banjarnegara



Alamat: Gn. Tampomas, Watuurip, Bawang, Banjarnegara, Central Java



Gunung Tampomas merupakan salah satu wisata alam terbaik yang bisa Anda nikmati bersama sahabat atau keluarga. Selain murah-meriah, tempatnya juga sangat sejuk dengan udara khas pegunungan. Anda juga bisa mengabadikan foto-foto terbaik di wisata alam Banjarnegara ini.



Suasana liburan akan semakin terasa jika kita mengeksplor lebih jauh berbagai macam tempat wisata yang ditawarkan oleh kota Banjarnegara.



Tidak hanya itu saja, ketika berada di kota ini rasanya kurang lengkap jika kita tidak mencicipi kuliner khas yang ditawarkan. Dijamin pengalaman berharga selama di kota ini akan menjadi momen yang tak akan terlupakan sepanjang masa.



Gunung ini berada di desa Masaran Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara, Jawa tengah. Wilayah ini termasuk wilayah penambangan sehingga area sekitar sangat cocok untuk mengambil objek foto. Dijamin hasilnya tidak akan mengecewakan dan patut untuk dishare di sosial media dengan keindahan yang dimilikinya. Daerah ini merupakan salah satu daerah perbukitan yang di sebelah selatan terdapat Gunung Lanang. Salah satu tempat wisata murah Banjarnegara ini tidak boleh kamu lewatkan.






#12 – Bannyu Wong Rafting Adventure 





Bannyu Wong Rafting Adventure wisata banjarnegara terbaik



Alamat: Jl. Raya Madukara No. 1, Ds. Kutayasa, Kec. Madukara, Kutayasa, Kec. Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah 53482



Bagi yang suka rafting, tempat wisata di Banjarnegara yang bernama Bannyu Wong Rafting Adventure ini juga wajib dikunjungi loh...



Bannyu Woong Adventure merupakan salah satu perusahaan di Banjarnegara yang bergerak di bidang jasa pariwisata dan memanfaatkan adanya Sungai Serayu ini. Banyak jasa yang mereka tawarkan, diantaranya adalah Wisata Rafting atau Arung Jeram.



Letak Base Camp Bannyu Woong sangat setrategis, dekat dengan kota (jalan propinsi), dipinggiran sungai serayu, tepatnya di Desa Kutayasa, Kec. Madukara, Kab. Banjarnegara. Bannyu Woong juga merupakan pioner kegiatan arung jeram di sungai serayu Banjarnegara, Jawa Tengah.



Bannyu Woong Adventure memberikan warna baru dalam berwisata rafting. Arus yang deras dan tidak pernah surut, bisa menguji nyali dan memacu adrenalin Anda. Untuk Anda yang bosan dengan aktivitas perkotaan, pemandangan dan suasana ditepian sungai serayu bisa menjadi tempat yang nyaman untuk refleksi mata.






#13 – Curug Sirawe 





Daftar Tempat Wisata murah di Banjarnegara Paling Indah, Murah dan Dijamin Seru



Alamat: Pranten, Bawang, Batang Regency, Central Java 51274



Curug Sirawe adalah salah satu tempat wisata alam di Banjarnegara yang paling populer. Air Terjun setinggi kurang lebih 80 Meter ini berada di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatran Batur, Banjarnegara. Tidak Seperti tempat wisata lain di sekitar Dieng dan Banjarnegara. Air Terjun Sirawe bisa dibilang masih perawan, tersembunyi di tengah lebatnya Hutan. Karena itu, akses ke lokasi pun bisa dibilang tidak mudah.



Untuk mencapai Curug Cirawe, Pengunjung bisa menggunakan Sepeda Motor karena memang tidak ada angkutan umum menuju tempat tersebut untuk kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki dari Dusun Bitingan.






#14 – Telaga Dringo Dieng





Daftar Tempat Wisata murah di Banjarnegara Paling Indah, Murah dan Dijamin Seru



Telaga Dringo termasuk kedalam objek wisata alam Dieng anti-mainstream. Tidak ada lalu lalang pengunjung yang datang, hilir mudik kendaraan wisatawan, tidak terlihat orang-orang sibuk selfie hanya ada para petani yang hendak bersawah, menanam dan memanen hasil keringat mereka yang sebagian besar ialah para petani kentang.



Tegur sapa ramah para petani akan menaungi sepanjang perjalanan menuju Telaga. Perbukitan menjulang hijau, yang lereng-lerangnya disulap menjadi lahan pertanian berteras-teras akan mendampingi perjalanan lintas alam Anda menuju Telaga Dringo.



Udara sejuk, nuansa pegunungan kental, bebas polusi apalagi suasana sangat tenang dan menyenangkan menjadi daya tarik tersendiri saat berjelajah menuju Telaga Dringo.



Salah satu tempat wisata Banjarnegara ini akan tampak menawan jika disaksikan dari area yang lebih tinggi. Telaga ini dikelilingi dan dilindungi oleh perbukitan luas. Para wisatawan dapat memanfaatkan jalur trekking berkeliling telaga dengan menapakkan langkah, berjalan berkeliling telaga melalui puncak-puncak perbukitan.



Dari sinilah Anda akan menemukan kecantikan Telaga Dringo dari berbagai sisi. Bersandar dibawah pohon cemara, membawa bekal, mendengarkan suara alam dan bau rumput segar menjadi daya tarik utama lintas alam mengelilingi Telaga Dringo Dieng.






#15 – Wisata Mistis Sumur Jalatunda





Daftar Tempat Wisata Banjarnegara Paling Indah, Murah dan Dijamin Seru



Alamat: Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah



Selain punya alam cantik, Banjarnegara juga memiliki sejumlah objek wisata yang unik. Salah satunya adalah Sumur Jalatunda yang dipercaya bertuah. Berlokasi di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Banjarnegara, terdapat sebuah sumur raksasa yang memiliki nama Jalatunda. Tak sedikit wisatawan hingga peziarah datang untuk melakukan ritual lempar batu demi kesuksesan.



Mitosnya, barangsiapa dapat melempar batu hingga menyentuh dinding batu sumur dipercaya akan sukses dan tercapai segala keinginannya. Kepercayaan itu pun tidak terlepas dari kisah lama yang dipercaya masyarakat setempat.





Demikian daftar lengkap tempat wisata Banjarnegara yang paling populer dan direkomendasikan banyak wisatawan. Dari sekian banyak tempat wisata populer di Banjarnegara di atas, mana saja yang sudah pernag kamu kunjungi?




Next > Daftar Tempat Wisata Dieng Banjarnegara


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!