22 Tempat Wisata Temanggung yang Paling Indah, Keren dan Wajib Dikunjungi

Sindu
By -
0


15 Tempat Wisata Temanggung terpopuler dan paling keren ini!




Bebaca Wisata –  Sedang berada di Temanggung dan ingin berkeliling ke berbagai tempat wisata di Kabupaten tersebut? Kalau iya, berarti anda patut bersenang hati karena Kabupaten yang terkenal akan Tembakau-nya ini memang memiliki banyak tempat pariwisata keren. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner sampai wisata budaya.



Berikut ini merupakan rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Temanggung yang paling indah, keren dan wajib dikunjungi!






Daftar Tempat Wisata Temanggung Terindah yang Wajib Dikunjungi





#1 – Sindhumoyo





Daftar Tempat Wisata Temanggung Terindah yang Wajib Dikunjungi



Sindhumoyo, terletak di Pos 1 jalur pendakian gunung Sindoro, melalui desa Bakalan, Katekan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Menikmati matahari terbit dan pemandangan yang bagus adalah salah satu kenikmatan yang luar biasa. Dan hal tersebut bisa anda temukan di tempat wisata satu ini.



Sindhumoyo termasuk tujuan wisata baru yang sangat populer di Temanggung, sehingga tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Selain dapat melihat sunrise, anda juga dapat menikmati berbagai pemandangan indah di sekitarnya. Mulai dari Gunung Sumbing, Merapi , Merbabu, Andong, Telomoyo dan Ungaran. Di tempat ini anda juga dapat camping atau malah lanjut mendaki gunung Sindoro.






#2 – Wisata Alam Posong Temanggung





Daftar Tempat Wisata Temanggung Terindah yang Wajib Dikunjungi



Wisata Alam Posong terletak di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Merupakan obyek wisata yang dirintis oleh masyarakat sekitar sejak awal tahun 2011 dan diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Daya tarik utama tempat ini adalah pemandangan alam dan keindahan sunrise (matahari terbit).



Daya Tarik Wisata Alam Lembah Posong selain pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro adalah ‘watu mlongso’ yang merupakan medan sungai mati hasil bentukan erupsi Gunung Sindoro dan ‘watu kelir’.






Baca juga: Wisata Alam Posong - Info Rute, Harga Tiket Dan Biaya Menginap







#3 - Embung Kledung





22 Tempat Wisata Temanggung yang Paling Indah, Keren dan Wajib Dikunjungi



Embung Kledung merupakan waduk mini atau kolam raksasa yang dibangun di lereng Gunung Sindoro bagian selatan. Embung ini dibangun dengan tujuan mengatasi kesulitan air pada musim kemarau dan pengembangan kawasan wisata baru. Daya tarik yang ditawarkan oleh objek wisata ini adalah pemandangan waduk mini dengan latar Gunung Sindoro dan melihat keindahan Gunung Sumbing dari kawasan perbukitan.



Untuk mencapai Embung Kledung tidak terlalu susah. Jika Anda dari Jogja, cukup mengambil rute menuju Wonosobo melewati Temanggung dan Parakan. Dari Parakan Anda langsung menuju Desa Kledung. Jika Anda sudah sampai di Desa Kledung, cukup bertanya kepada warga sekitar, seketika warga akan menunjukkan lokasi Embung Kledung berada.



Salah satu tempat wisata alam terbaik di Temanggung ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Saat kita berada di sana, kita dibuat serasa di negeri Eropa. Suasana lereng gunung yang dingin ditambah pemandangan hijau dari pepohonan dan gunung  sangat cocok untuk anda penggemar wisata pegunungan.






#4 – Hutan Walitis





22 Tempat Wisata Temanggung yang Paling Indah, Keren dan Wajib Dikunjungi



Daftar tempat wisata Temanggung berikutnya ditempati oleh Walitis yang terletak di Selopampang. Pohon Walitis di kawasan hutan Rasamala merupakan pohon terbesar di lereng Sumbing dan Sindoro. Hutan ini terletak di Desa Jetis, Kecamatan Selopampang, Tinggi pohon mencapai 30 meter, dengan lingkar batang 7,5 meter. Untuk memeluk batangnya saja diperlukan enam orang dewasa yang saling tautan sambil merentangkan kedua tangannya.



Keistimewaan tanaman dan hutan ini adalah tidak mempan oleh api. Ketika terjadi kebakaran hutan di sebagian kawasan lereng Sumbing dan Sindoro beberapa waktu lalu, hutan Rasamala sama sekali tidak terjamah  api. Untuk menjangkau rumpun pepohonan Rasamala yang luasnya mencapai 1,5 hektar, para wisatawan harus mendaki melalui jalan setapak. Jarak pendakian ini sekitar 1,5 km dari pohon walitis.



Lokawisata walitis merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di kabupaten Temanggung, tepatnya di Desa Jetis, Kecamatan Selopampang, Temangung, Jawa Tengah. Meskipun lokawisata ini terletak di kabupaten Temanggung, anehnya belum banyak warga Temanggung yang mengunjunginya.






#5 – Pikatan Water Park





22 Tempat Wisata Temanggung yang Paling Indah, Keren dan Wajib Dikunjungi



Temanggung juga mempunyai wisata air yang terkenal yaitu Pikatan Waterpark. Tempat wisata ini merupakan waterpark modern yang tetap mengusung tema alam. Dinginnya air pegunungan ditemani semilir angin serta pemandangan hijau dari pohon-pohon kelapa yang tinggi menjulang adalah hal yang ditawarkan Pikatan Water Park.



Lokasi Pikatan Waterpark Temanggung berada di Jl. Raya Pikatan, RT/RW 005/005, Desa Mudal, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Dari pusat kota, tempat peninggalan Rakai Pikatan ini hanya berjarak 2.5 kilometer ke arah selatan. Sepanjang perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan panorama persawahan dan Pohon Mahoni yang tumbuh subur di tepi-tepi jalan. Benar-benar pemandangan khas dataran tinggi dengan totalitas keasriannya.






#6 – Desa Wisata Jumprit Temanggung





tempat wisata di temanggung yang bagus murah



Jumprit sebenarnya adalah sebuah sumber mata air di Kecamatan Ngadirejo. Setiap tahunnya, air di sini digunakan untuk upacara Waisak yang diadakan di Borobudur. Tak hanya itu, pemeluk agama Buddha dari berbagai tempat dan negara datang ke sini untuk mengambil air suci.



Sumber air bagi Sungai Progo ini diyakini pernah menjadi tempat semedi Ki Jumprit atau putera Prabu Brawijaya hingga akhir hayatnya. Bersama dengan seekor monyet yang bernama Ki Dipo, ia memutuskan meninggalkan keraton lantaran perseteruan politik antara ajaran Suwa-Buddha dan agama Islam yang baru masuk di tanah Jawa.



Jumprit awalnya hanya diketahui oleh peziarah yang mengunjungi makam Ki Jumprit. Namun, sekitar tahun 90-an mulai dilirik oleh wisatawan. Bahkan Pemkab Temanggung menetapkan kawasan tersebut sebagai kawasan wana wisata. Hingga saat ini, pengunjung tak hanya ingin berziarah atau membasuh wajah dengan air di Jumprit. Namun, mereka juga asik menikmati hutan pinus yang asri. Apalagi di sudut lain juga terdapat pemandangan pegunungan yang menakjubkan.






#7 – Situs Candi Liyangan





tempat wisata di temanggung yang bagus murah



Rekomendasi Tempat wisata Temanggung berikutnya adalah situs Candi Liyangan. Candi Liyangan sendiri pertama kali ditemukan pada akhir tahun 2008 yang lalu. Para penambang pasirlah yang pertama menemukan situs ini. Saat itu kawasan Liyangan memang masih menjadi lahan pertambangan pasir tradisional yang dikelola desa setempat.



Selanjutnya pasca ditetapkan sebagai sebuah situs, dan aktivitas tambang berhenti sepenuhnya. Pihak peneliti mulai intensif melakukan penelitian. Hingga akhinya didapat kesimpulan awal bahwa Situs Liyangan  merupakan peninggalan masa Mataram kuno pada era abad 8-10 Masehi.



Penemuan yang menghebohkan ini kemudian ditindaklajuti oleh Balai Arkegolog. Selanjutnya, pada tahun 2010 tak jauh dari lokasi penemuan pertama, ditemukan struktur bangunan candi. Lokasinya tepat berada di seberang Sungai Langit. Bagi kamu yang menyukai pariwisata berbau sejarah dan budaya, nampaknya Candi Liyangan ini tidak boleh kamu lewatkan.






Baca juga: Daftar Tempat Wisata Dieng yang Paling Keren dan Wajib Dikunjungi







#8 – Curug Titang Temanggung





potensi wisata alam temanggung



Curug Titang merupakan potensi wisata air terjun yang masih alami di daerah Tembarak Temanggung. Keberadaan air terjun ini jarang didengar karena kurangnya promosi dan belum dikelola baik oleh pemerintah setempat maupun dari warga masyarakat sendiri. Air terjun ini cukup berpotensi menjadi obyek wisata unggulan di Kabupaten Temanggung karena memiliki ketinggian yang cukup dan derasnya aliran air terjun.



Pemandangan Curug Titang terlihat alami dengan jatuhan air terjun langsung mengarah ke dasar tebing. Air terjun ini memiliki karakteristik sebagai air terjun tunggal dan tidak ditemukan air terjun lain di dekatnya. Ketinggian air terjun ini diperkirakan lebih dari 20 meter. Kolam alami yang terbentuk dibawah jatuhan air sepertinya cukup dalam dan dapat digunakan untuk berenang. Pengunjung tidak dilarang untuk berenang namun diharapkan tetap menjaga keamanan dan keselamatan karena tidak ada penjagaan.



Saat mengamati tebing di sekeliling Curug Titang Temanggung masih dipenuhi rerimbunan pohon dan tumbuhan lumut. Pada sebuah sisi tebing terdapat sumber mata air yang langsung mengarah ke aliran sungai. Bebatuan kali atau sungai banyak ditemukan di sepanjang aliran sungai di sekeliling kolam dasar air terjun.






#9 – Taman Pengayoman





tempat wisata murah temanggung gratis



Taman Pengayoman adalah salah satu wisata taman yang terletak tepat di pusat kota Temanggung. Taman ini dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Temanggung, yaitu kantor Bupati dan juga kantor DPRD Kabupaten Temanggung.



Taman Pengayoman adalah taman yang sangat sejuk dan asri. Penataan taman ini juga sangat rapi dan indah sehingga sangat baik bagi pengunjung yang hobi berfoto. Keberadaan Taman Pengayoman ini menjadi warna tersendiri bagi kota Temanggung, karena terdapat taman yang sangat asri dan sejuk di tengah-tengah kota.






#10 – Curug Trocoh/Surodipuro





tempat wisata murah temanggung gratis



Menghabiskan waktu bersantai di tempat yang memiliki kesan natural dan menyejukan bisa menjadi obat pelipur hati dan pikiran yang ampuh. Tempat yang satu ini cocok bagi para pencari kedamaian alam. Tempat itu bernama Curug Trocoh atau yang disebut juga dengan nama lain Curug Surodipuro.



Air terjun ini merupakan satu diantara banyaknya tempat eksotis yang ada di Temanggung. Curug ini terletak di Desa Tawangsari Kecamatan Wonoboyo dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.






#11 – Monumen Meteorit Wonotirto





daftar tempat wisata temanggung yang bagus



Objek wisata taman Meteorit ini terletak di Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, yang berada di salah satu kaki Gunung Sumbing. Monumen ini dibangun untuk menandai dan mengenang peristiwa alam yaitu telah terjatuhnya meteor di kota Temanggung, tepatnya di ladang penduduk di Desa Wonotirto.



Fenomena alam yang sangat langka ini kemudian menarik perhatian sejumlah ilmuan untuk menelitinya. Antara lain sejumlah dosen di Sekolah tinggi Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Mereka melakukan penelitian dan kemudian membangun monumen tepat di lokasi jatuhnya meteor. Bahkan pecahan meteor ikut diabadikan dalam monument itu. Jika anda penasaran dan ingin memegang seperti apa meteorit itu, langsung saja kunjungi tempat wisata Temanggung satu ini.






#12 – Sedengkeng Pass





daftar tempat wisata temanggung yang bagus



Rekomendasi tempat wisata di Temanggung yang paling indah berikutnya adalah Sedengkeng Pass. Destinasi wisata baru yang menyajikan pemandangan cantik dari atas gunung ini terletak di Desa Petarangan, Kec. Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. Berada di ketinggian 1823 Mdpl.



Selain pemandangan alam berlatar Gunung Sindoro dan lembah Sumbing, spot menarik untuk foto di Sedengkeng Pass juga difasilitasi dengan udara sejuk yang membuat betah para pengunjungnya. Menariknya, biaya masuk Sedengkeng Pass sangat murah. Yaitu sekitar Rp. 5000 per orang untuk wisata biasa dan Rp 10.000 bila sekalian berkemah di sana.






#13 – Mijil Loka





daftar tempat wisata di temanggung yang bagus



Dari wilayah desa Candisari memunculkan wisata alam yg bertitik lokasi di lereng gunung Sindoro, yang menyajikan pemandangan alam lereng Sindoro, Sunrise dan Camp Ground.



Bagi para penikmat wisata sunrise, para hunter sunrise dan selfier, wajib mengunjungi tempat wisata Temanggung yang satu ini. Meskipun pembangunan belum 100 persen selesai, namun teman-teman dan manapun bisa menikmati matahari terbit di atas gardu pandang Mijil Loka.






#14 – Candi Pringapus





candi yang ada di temanggung



Candi Pringapus yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 850 M terletak di desa Pringapus, kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Desa Pringapus terletak di Gunung Sindoro. Lokasi candi kira-kira 5 km dari kecamatan Ngadirejo dan berjarak 32 km arah Timur Laut dari kota Temanggung.



Keindahan Candi Priangapus terletak pada ornamen pahatan yang sangat halus dan indah yang menunjukkan bahwa arsiteknya memiliki cita rasa seni yang tinggi. Bidang-bidang kosong diisi dengan pahatan bunga teratai dan sulur-suluran. Dinding di kanan kiri pintu dihiasi panil pahatan sepasang dewa-dewi dengan hiasan daun-daun yang distilir di atasanya.



Dalam candi tersebut terdapat arca lembu dalam posisi duduk. Di sebelah barat bangunan candi, di tepi 'sendang' (danau kecil) terdapat sebuah lingga dan arca sapi. Konon, arca sapi ini merupakan penjaga ketersediaan air sendang, karena salah satu keunikan sendang tersebut adalah airnya tidak pernah kering meskipun pada musim kemarau berkepanjangan.






#15 – Alam Sewu





22 Tempat Wisata Temanggung yang Paling Indah, Keren dan Wajib Dikunjungi



Keindahan di Alam Sewu tak kalah bagus bila dibandingkan dengan wisata Posong. Pemandangan alam pegunungan dan langit biru yang luas menjadi keunikan tersendiri. Sesuai dengan namanya, Alam Sewu terletak di atas Desa Pringsewu, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.



Objek wisata di Temanggung ini terbilang cukup baru di telinga para wisatawan. Berhiaskan hamparan luas dataran Ngadirejo dan langit biru tanpa tertutupi bukit yang memanjakan mata. Di tempat ini pun kita bisa melihat pemandangan Gunung Ungaran, Sindoro, Kendil, dan lainnya.






#16 – Taman Parakan





taman parakan temanggung



Satu lagi objek wisata baru yang menarik di Kabupaten Temanggung, yaitu Taman Parakan. Di tempat ini anda bisa menemukan pemandangan indah dan spot foto yang keren dan menarik. Selain itu, banyak juga permainan untuk anak-anak yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Tempat wisata Temanggung yang terletak di Kecamatan Parakan ini juga dikelilingi banyak kuliner khas yang dijual dengan harga terjangkau.






#17 – Embung Tlogopucang







pariwisata temanggung yang bagus



Embung Tlogopucang merupakan salah satu dari beberapa danau buatan yang dibangun oleh pemerintah daerah Temanggung di daerah Kandangan. Keberadaannya lebih dikenal sebagai lokasi foto daripada tempat wisata karena cukup indah untuk diabadikan ketimbang dinikmati suasananya. Fungsi embung ini hampir sama seperti embung lainnya untuk mengatasi kekurangan pasokan air pada musim kemarau.



Pemandangan Embung Tlogopucang terlihat menarik meskipun tidak terlalu luas. Bentuk embung yang tidak simetris dan berlekuk-lekuk mengikuti kontur tanah memberikan kesan unik dan tidak kaku. Bila kondisi cuaca sedang cerah akan terlihat gugusan gunung yang menjadi latar kolam buatan ini yaitu Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau Dieng.






#18 – Pasar Papringan





daftar tempat wisata di temanggung yang indah



Minggu pagi di Pasar Papringan, pengunjung akan disuguhi nuansa pasar yang berbeda. Sesuai namanya, “papringan” (bahasa Jawa) artinya kebun bambu, pasar berada di bawah rerimbungan bambu seluasa sekitar 1.500 meter persegi.



Pasar Papringan menjajakan makanan tradisional yang kini sudah banyak dilupakan orang. Juga menyuguhkan aneka permainan tradisional. Alat pembayarannya juga bukan uang melainkan potongan bambu. Tempat wisata di Temanggung yang unik dan menarik ini tentu wajib kamu kunjungi ketika berada di Temanggung.






Baca juga: Daftar Tempat Wisata Banjarnegara yang Wajib Dikunjungi







#19 – Taman Kartini, Kowangan, Perpusda





rekomendasi tempat touring di temanggung



Taman Rekreasi Kartini adalah salah satu tempat wisata populer di Kabupaten Temanggung. Taman ini terletak di daerah yang strategis karena dekat terminal dan dekat dengan pusat kota Kabupaten Temanggung yang sering dilalui oleh kendaraan umum baik kendaraan dalam kota maupun kendaraan dari luar daerah yang akan memasuki Kabupaten Temanggung.



Tidak heran jika Taman Rekreasi Kartini ini sering dikunjungi oleh pengunjung baik pengunjung dari daerah Kabupaten Temanggung maupun dari luar daerah Temanggung.



Selain taman bermain anak, di Taman Rekreasi Kartini ini juga terdapat kolam renang untuk berenang dengan standar yang sudah cukup baik. Disana tersedia berbagai tipe kolam dan dilengkapi dengan water slidedan kamar bilas. Untuk berenang di kolam renang Taman Rekreasi Kartini ini dikenakan biaya masuk Rp.5.000 untuk hari biasa, dan Rp.7.000 untuk weekend dan hari libur.



Di samping kolam renang, Taman Rekreasi Kartini juga terdapat outbond area, disana terdapat beberapa permaianan outbond sederhana seperti panjat tebing buatan, jaring-jaring tali, dan masih banyak lagi. Di sekitar taman ini, anda juga bisa mengunjungi Perpus Kota ataupun menonton film empat dimensi di Bioskop Andromeda.






#20 – Goa Lawa





tempat wisata temanggung



Goa Lawa terletak di desa Ngalian Kecamatan Bejen, perbatasan Temanggung – Kendal, pernah dirintis pengembangannya oleh Mahasiswa AKPARI Semarang.



Ada tradisi pendukung yakni upacara ‘Lampet Dawuhan’ yaitu serangkaian upacara adat sedekah kali dengan ungkapan do’a agar air yang mengairi sawah penduduk di wilayah tersebut dapat tetap abadi mengalir memenuhi kebutuhan pertanian mereka.



Ada keunikan dalam tradisi ini yaitu sesepuh desa menyedot air kali dengan mulut kemudian menyemburkannya di areal persawahansetelah melalui kirap sepanjang 200 meter. Salah satu tempat wisata terbaik di Kabupaten Temanggung ini jangan sampai kamu lewatkan.






#21 – Monumen Bambang Sugeng





wisata di temanggung yang keren



Bukit kecil di sebelah timur kota Temanggung menjadi saksi perjuangan almarhum Mayjend Bambang Sugeng yang pada waktu perang kemerdekaan memimpin pasukan TNI di daerah Temanggung dan sekitarnya.



Di kawasan ini berdiri Monumen Bambang Sugeng dan terdapat batu besar dengan pahatan tulisan huruf kanji berbunyi Wampo Daiwa Daigetzu yang diartikan dalam bahasa Indonesia : Seloeroeh Doenia Sekeloearga. Merupakan peninggalan Bala Tentara Jepang yang pernah ditawan di daerah Temanggung.






#22 - Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing





wisata di temanggung yang keren



Temanggung juga tak bisa lepas dari Gunung Sindoro dan Sumbing. Temanggung ada diantara dua gunung ini dan inilah yang menjadi salah satu menariknya wisata alam Temanggung.



Dari bawah saja pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing sudah sangat indah apalagi jika kita melakukan pendakian di gunung ini dan melihat pemandangan alam dari atasnya.



Kedua gunung ini sama-sama indah dan menarik untuk didaki, anda bebas menentukan mana yang akan didaki terlebih dahulu. Namun jika ada kesempatan lain maka mendaki salah satunya lagi adalah hal yang harus dilakukan untuk melengkapi pengalaman anda.



Mendaki Gunung Sindoro anda bisa mengambil jalur Kledug. Sementara untuk Gunung Sumbing bisa dimulai dari basecamp Cepit di desa Pager Gunung, Kecamatan Bulu, Temanggung. Selain pemandangan alam nan eksotisnya, hal lain yang tak kalah menarik adalah ritual pendakian kedua gunung ini. Pengalaman yang akan melengkapi perjalanan wisata Temanggung anda. Gunung Sumbing pada bulan suci Ramadhan dan Gunung Sindoro pada setiap malam 1 Suro.





Demikian daftar tempat wisata Temanggung yang wajib anda kunjungi ketika berada di daerah penghasil Tembakau satu ini. Sudahkah anda mengunjungi tempat-tempat di atas?

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!